TIPS MENULIS ESAI UNTUK REAL TEST IELTS

Question & Answer:

Q: Sering kali saya diberikan tugas untuk membuat essai dalam bahasa Inggris oleh pengajar. Biasanya, hanya akan diberikan waktu sekitar 40 menit diharapkan agar siswa terbiasa dengan timing tes-nya nanti. Apakah ada trik agar memahami penulisan Essay lebih mudah?

(Renny, Renny25@gmail.com)

A: Biasanya memang dalam real test IELTS akan memakan waktu sebanyak 40 menit dengan panjang 4 atau 5 paragraf (300-350 kata). Hal ini mengharuskan Anda memahami benar cara membuat essai yang baik, agar Anda tidak menghadapi kesulitan saat diminta untuk membuat sebuah essai.

Berikut tips menulis essai yang dapat saya bagikan, diantaranya:

Pahami apa yang ditugaskan/ditanyakan.

Sebelum membuat essai atau memberikan jawaban atas pertanyaan dalam bentuk essai, perhatikan terlebih dahulu apa yang diminta atau pertanyaan seperti apa yang harus dijawab dalam bentuk essai. Ini dilakukan agar pendapat atau penjelasan yang Anda tulis dalam essai tepat.

Buatlah perencanaan sebelum menulis essai.

Banyak orang yang mengesampingkan perencanaan dalam membuat essai, mereka menganggap akan memakan banyak waktu jika harus membuat sebuah perencanaan sebelum membuat essai. Memiliki sebuah perencaan sebelum membuat essai sangat diperlukan untuk menjaga fokus dari apa yang ditulis. Sediakan waktu sekitar 5 menit untuk membuat sebuah perencaan essai.

Terapkan struktur yang tepat pada essai Anda.

Struktur yang tepat sangat mempengaruhi bagus atau tidaknya essai yang ditulis. Pada paragraf pertama gunakan sebagai paragraf pengantar, setelah menulis paragraf pengantar, Anda perlu menulis dua atau tiga paragraf pendukung dan paragraf terakhir diisi oleh kesimpulan dari essai Anda. Paragraf pendahuluan dan paragraf terakhir harus kuat, sehingga kesan pertama dan terakhir dalam essai Anda dapat menarik pembaca.

Periksa kembali essai Anda.

Apabila sdri. Renny sudah menyelesaikan essai, periksalah kembali. Perbaiki kesalahan ejaan, kesalahan tata bahasa atau pun kesalahan pada pengetikan kata. Lebih baik Anda sendiri yang menemukan kesalahan pada essai daripada pengajar Anda yang menemukan kesalahan tersebut.

Semoga penjelasan ini dapat membantu sdri. Renny dalam memecahkan permasalahannya dalam writing. Sukses selalu, salam Eddy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *